Yogyakarta atau sering disebut juga Jogjakarta atau Jogja merupakan penyebutan umum bagi  Daerah Istimewa Yogyakarta.  Yogyakarta dianggap sebagai pusat penting bagi seni dan budaya Jawa klasik seperti balet, tekstil batik, drama, sastra, musik, puisi, kerajinan perak, seni visual, dan wayang. Yogyakarta adalah ibu kota Kesultanan Yogyakarta dan berfungsi sebagai ibukota Indonesia dari tahun 1946 hingga 1948 selama Revolusi Nasional Indonesia, dengan Gedung Agung sebagai kantor presiden. Salah satu kabupaten di Yogyakarta tenggara, Kotagede, adalah ibukota Kesultanan Mataram antara 1587 dan 1613. Yogyakarta terkenal sebagai pusat pendidikan Indonesia, merupakan populasi siswa yang besar dan puluhan sekolah dan universitas, termasuk Universitas Gadjah Mada, lembaga pendidikan tinggi terbesar di negara Indonesia.

 

Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki empat kabupaten dan satu kota: Kabupaten Kulon Progo, Sleman, Bantul, Gunung Kidul dan Kota Yogyakarta. Setiap kabupaten memiliki kondisi wilayah yang khas serta memiliki lokasi pariwisata yang menarik.Yogyakarta adalah rumah bagi segudang bangunan cagar budaya, landmark dan monumen penting. Karena kedekatan lokasinya dengan Candi Borobudur dan Candi Prambanan, dan keberadaan budaya Jawa di istana Kraton Kraton Yogyakarta, Yogyakarta menjadi tuan rumah industri pariwisata yang cukup besar. Kotagede, ibukota Kesultanan Mataram juga terletak di kota. Banyak wisatawan datang ke Yogyakarta sebagai basis akomodasi untuk mengunjungi Borobudur dan Prambanan.

 

1 / 5
Tugu Yogyakarta
2 / 5
Vredeburg
3 / 5
Monumen SO 1 Maret
4 / 5
Titik Nol
5 / 5
Plakat Tugu

 

Jalan Malioboro adalah daerah perbelanjaan dan kuliner yang populer di dalam kota, yang memiliki zona pejalan kaki. Yogyakarta Kraton adalah istana dan kursi Sultan Yogyakarta yang memerintah juga terletak di kota. Kompleks istana adalah pusat budaya Jawa, dan berisi museum yang menampilkan artefak kerajaan. 

 

Lokasi Wisata

Secara umum, wisata di Yogyakarta bisa dibagi menjadi:

1.     Wisata Alam, meliputi: Gua Pindul, Bendung Tegal, Cave Tubing Kalisuci, serta berbagai pantai dari ujung barat Kulon Progo ujung timur Gunung Kidul, sebut saja Pantai Parangtritis, Pantai Depok, Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Glagah, Pantai Kadilangu, serta wisata Kalibiru, Waduk Sermo, dan Hutan Mangrove yang tak kalah memukau.

2.     Wisata Budaya dan Sejarah, meliputi: Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Benteng Vredeburg, Kotagede, Kotabaru, Museum Ulen Sentalu, dll.

3.     Wisata Modern, meliputi: Taman Marga Satwa Wildlife Rescue Center, Jogja Expo Centre (JEC), Rumah Domes Jogja, dll.

4.     Wisata minat khusus, meliputi: Jogja Fish Market, Alam Merapi Tour, Jogja Orangutan Centre, dan wisata hiburan lain seperti café, lounge, dan bar.

 

Oleh-Oleh

Jogja adalah surga bagi para pencinta estetika, penggemar barang-barang seni, dan hasil kerajinan yang apik. Alamilah petualangan belanja yang unik dan artistik. Oleh-oleh khas Jogja berupa kain batik, kain lurik, kerajinan perak di Kotagede, kerajinan kulit di Desa Wisata Manding, keris, gerabah Kasongan, tenun dan anyaman, kerajinan bambu, ukiran batik kayu, bunga kering, serta berbagai kerajinan antik lainnya.

 

Kuliner

1.     Gudeg

Tidak sah rasanya jika ke Jogja tanpa makan gudeg. Makanan dengan perpaduan rasa manis, gurih dan pedas ini paling tinggi popularitasnya. Pada dasarnya gudeg  adalah jenis makanan yang manis dan gurih. Namun, jika Anda penyuka rasa pedas, Anda dapat mencampurnya dengan sambal krecek. Gudeg mudah didapatkan sebagai menu sarapan, tapi ada juga yang baru buka pada malam hari. Warung gudeg yang cukup terkenal yaitu Gudeg Bu Hj. Amad, Gudeg Yu Djum, Gudeg Permata Bu Pujo, Gudeg Bu Tjitro, dll. Untuk memudahkan membawa gudeg, selain kemasan besek dan gerabah, kini gudeg tersedia dalam kemasan kaleng.

 

 

2.     Bakpia

Kue kecil berbentuk bulat ini memiliki rasa manis karena terbuat dari adonan tepung yang berisi kacang hijau dan berbagai varian rasa lain seperti, keju, coklat, bahkan rasa green tea.  Ada banyak produsen Bakpia yaitu Bakpia 75 (Bakpia Pathok), Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Mutiara, Bakpia Kukus Tugu, dll.

 

Selain Gudeg dan Bakpia, makanan tradisional yang wajib dicoba jika ke Jogja adalah Geblek, Geplak dan Kipo. Ketiganya dapat ditemukan sebagai jajan pasar, terutama di Pasar Kotagede.